Thursday 12 February 2015

Wanita Haid Di-Kucilkan

ENTAH apa latar belakangnya. Di Nepal ada tradisi ekstrim yang dilakukan kepada perempuan yang sedang haid. Namanya Chaupadi.

Chaupadi, adalah sebuah tradisi kuno masyarakat Nepal yang masih dipraktekkan hingga sekarang. Tradisi ini mewajibkan mereka yang sedang haid dikucilkan di suatu tempat, tidur di dalam tenda atau di tanah lapang. Mereka juga dilarang melakukan kontak dengan orang lain, dan baru boleh kembali ke rumah saat masa haidnya sudah selesai.

Mirisnya, seperti tak ada hal yang positif yang bisa dipetik dari praktek ini. Bahkan, banyak wanita yang pada akhirnya jatuh sakit dan meninggal dunia. Ancaman udara yang sangat dingin, tidur yang tidak nyaman sebab ruangan yang tidak layak, serta hewan buas yang bisa menerkam kapan saja sebenarnya menjadi sesuatu yang harus dipertimbangkan kembali saat menjalankan tradisi Chaupadi ini.

Meskipun demikian, tidak sedikit masyarakat yang masih memaksakan tradisi ini harus dijalankan. Remaja wanita yang mengalami haid, harus meninggalkan kegiatannya sehari-hari akibat tak boleh melakukan kontak dengan dunia luar. Mereka harus bolos sekolah, tak bisa bertemu teman-teman, dan hanya duduk merenung sambil menunggu masa haidnya selesai. Keluarga yang sesekali datang membawa makanan untuknya juga dilarang bersentuhan. Saat memberi makan, makanan akan dituangkan ke dalam piring dengan tetap menjaga jarak.

Wah, serem juga ya. Bersyukur kita penganut Islam, agama yang menjaga dan merahmat kita.

Sumber : Islampos

thumbnail
Judul: Wanita Haid Di-Kucilkan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Pernak-Pernik :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Al Fikr Publisher FreTempl