Sunday 8 February 2015

Imam Ghozali dan Nabi Musa

Dinda Sharing - Di dalam sebuah ceramah Al Musnid Al Allamah Al Arif Billah Al Hafidz Habib Umar bin Hafidz telah menceritakan. Bahawa Al Imam Hasan Assadzili salah satu Ulama Tabi'in pernah bermimpi bertemu Rasulullah ﷺ. 

Didalam syariah, mimpi tidak bisa dijadikan sebagai dalil, namun Rasul Saw bersabda tentang mimpi, barangsiapa yang melihat hal yang baik maka itu dari Allah, barangsiapa yang bermimpi hal yang baik maka itu dari Allah, barangsiapa melihat hal yang buruk maka itu dari syaitan. Barangsiapa yang melihat hal yang baik maka itu dari Allah, hendaknya ia mengucapkan "Alhamdulillah" dan bagi yang bermimpi buruk atau melihat hal yang buruk maka itu dari syaitan maka hendaknya ia mengucap kalimat ta’awudz atau "A'udzubillahi Minasy Syaithanir Rojim", maka mimpi buruknya itu tidak akan membawa keburukan apa-apa. Kalau hal yang baik adalah dari Allah maka pahamlah kita bahwa mimpi baik itu dari Allah, Allah tidak berdusta maka mimpi baik itu dari Allah, tidak bisa di nafikan.
Rasul ﷺ bersabda diriwayatkan didalam Shahih Bukhari:
مَنْ رَآنِيْ فِي اْلمَنَامِ فَقَدْ رَآنِيْ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَتَمَثَّلُ بِيْ
“barangsiapa yang melihatku dalam mimpi sesungguhnya ia melihat aku karena syaitan tidak bisa menyerupaiku”.
Dan diriwayatkan didalam Shahih Bukhari salah satu dari bentuk 41 kenabian adalah الرُّؤْياَ الصَّالِحِة mimpi yang baik.
Di dalam mimpinya beliau melihat Rasulullah ﷺ duduk di tempat yang lebih tinggi dikelilingi olah para Nabi dan Rasul, para sahabat Nabi, para siddiqin, para solihin, para syuhada dan imam-imam besar. Di dalam majlis itu, Nabi Musa AS telah bertanya kepada Rasulullah ﷺ.
“Ya Rasulullah ﷺ, Apakah maksud Hadist: Ulama-ulama di kalangan umatku seperti nabi-nabi Bani Israel, coba salah satu dari umatmu wahai Muhammad, pertemukan denganku, aku ingin lihat yang kau bilang ulama umatmu bagaikan Nabi Bani Israil.?”
(tentunya bukan derajat kenabian, kenabian menerima wahyu tapi keshalihannya, ibadahnya) 
Maka Rasulullah ﷺ pun memanggil Imam Ghazali dan memperkenalkannya kepada Nabi Musa AS “Ini adalah salah satu ulama di masa kami yang bagaikan para nabi di masa kalian.” 
Nabi Musa berkata wahai Muhammad izinkan aku menguji umatmu ini yang kau katakan ulama seperti Nabi, “silahkan” Rasulullah ﷺ berkata.
Nabi Musa AS bertanya kepada Imam Al-Ghazali, “Siapakah nama mu”. Maka Imam Ghazali pun menjawab, “Namaku ialah Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Al Hamid Al Ghazzali. Atau yang lebih dikenal Imam Ghazali At Thu'usi” 

Maka berkata Nabi Musa “ditanya nama nyebut gelar, aku tidak tanya nama kakekmu, bapakmu, gelarmu, yang kutanyakan namamu siapa? bukan nama bapakmu, kakekmu, gelarmu tidak kutanya itu, kenapa kau jawab seperti itu? salah umatmu ini ya Muhammad”.
Imam Al-Ghazali menunduk lantas meminta izin dari Rasullullah untuk menjawab persoalan dari Nabi Musa Kalimullah. Selepas mendapat izin maka Imam Al-Ghazali pun menjawab, “Bukankah Allah telah bertanya kepadamu : “Dan apa (bendanya) yang di tangan kananmu itu wahai Musa? (Surah Toha:17), dan Nabi Musa menjawab: Ini ialah tongkatku; aku berpegang atasnya semasa berjalan, dan aku memukul dengannya daun-daun kayu supaya gugur kepada kambing-kambingku dan ada lagi lain-lain keperluanku pada tongkat itu. (Surah Toha:18) ”

Nabi Musa lantas berkata “Tuhan itu adalah kekasih kita, maka aku mengambil peluang itu untuk bercakap panjang lebar dengan-Nya lantaran rasa kerana senang, nikmat dan lezat dapat bercakap dgn Tuhan."
Maka Imam Ghazali pula mengatakan “Begitulah aku, kamu juga adalah kekasih aku, maka aku juga mengambil kesempatan untuk bercakap panjang lebar denganmu”. 
Rasulullah ﷺ berkata: “Wahai Musa, apakah ada ulama di masa kamu bagaikan nabi di masa kami?” Nabi Musa AS menjawab “Tidak ada Ya Rasulullah.” 
Petikan Kitab : Risalatul jam'iyah karya Al Habib Ahmad bin Zain Al Habsyi
thumbnail
Judul: Imam Ghozali dan Nabi Musa
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Hikayah :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Al Fikr Publisher FreTempl