Sunday 29 March 2015

10 Pintu Bagi Syetan Dalam Diri Manusia

dindasharing.blogspot.com
Dinda Sharing - Sampai kiamat tiba Syetan akan terus berusaha menggoda, merayu, dan menyesatkan manusia guna menemaninya dijurang neraka. Syetan akan masuk kedalam manusia melalui 10 pintu, Sepuluh pintu itu adalah :
1- Melalui sifat sombong dan angkuh. Dua sifat ini mudah tersemai dan subur dalam diri manusia. Ia berasal dari sifat manusia yang egois dan mudah hanyut ketika dilimpahi kemewahan dan kesenangan.

2- Melalui sifat BAKHIL dan KEDEKUT. Setiap harta benda dan kemewahan yang diperoleh adalah karunia Allah. Ia seharusnya dibelanjakan ke jalan yang benar dan fisabilillah (di jalan Allah). 

3- Melalui sifat TAKABBUR dan congkak. Sifat ini sering bertapak dalam diri seseorang manusia yang merasakan bahwa dia sudah memiliki segalanya dalam hidupnya. Mereka lupa bahwa kesenangan dan kemewahan serta nikmat yang dikaruniakan itu dapat ditarik oleh Allah pada setiap saat saja. Allah berfirman "Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang yang takabur." Surah an-Nahl. ayat 23

4- Melalui sifat KHIANAT. Khianat yang dimaksud bukan hanya melalui perbuatan merusak sesuatu yang menjadi milik orang lain, tetapi juga mengkhianati hidup orang lain dengan tidak mematuhi apa-apa bentuk perjanjian, kemitraan dan sebagainya. Manusia yang melanggar peraturanAllah juga dihitung mengkhianati, namun dengan khianat yang sangat besar. 

5- Melalui sifat  TIDAK SUKA MENERIMA ILMU DAN NASIHAT. Nabi Muhammad SAW selalu menyarankan sahabat-sahabatnya agar menjauhi no 5 ini melalui hadist beliau: Dari Abu Bakrah ra., Dari Nabi saw, sabdanya yang artinya, "Jadikanlah dirimu orang alim atau orang yang menuntut ilmu atau orang yang selalu mendengarkan pelajaran agama, atau pun orang yang mencintai (tiga golongan yang tersebut); dan janganlah kamu (dari) golongan yang kelima, yang dengan sebabnya engkau akan binasa. " (Al-Bazzar)

 6- Melalui sifat HASAD. Perasaan hasad dengki biasanya akan diikuti dengan rasa benci dan dendam yang berkepanjangan. Rasulullah SAW pernah bersabda; "Hindarilah kamu dari sifat hasad karena ia akan memakan amalan kamu seperti api yang memakan kayu yang kering" (Riwayat Bukhari dan Muslim) 

7- Melalui sifat SUKA meremehkan orang lain. Sifat ego manusia akan selalu lahir ketika seseorang itu merasakan dirinya sudah sempurna jika dibandingkan dengan orang lain. Orang lain dilihat terlalu kecil dan kerdil jika dibandingkan dengan apa yang dia miliki. Abu Umamah pernah beriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda; "Tiga kelompok manusia yang tidak bisa dihina kecuali orang munafik adalah ORANG TUA, ORANG YANG BERILMU dan IMAM (PEMIMPIN) YANG ADIL. (Riwayat Muslim)

8- Melalui sifat UJUB atau BANGGA DIRI. Menurut ImamAhmad, Nabi Muhammad SAW bersabda; "Jangan kamu bersenang-senang dalam kemewahan karena sesungguhnya hamba Allah itu bukan orang yang bersenang-senang saja." (Riwayat Abu Naim dari Muadz bin Jabal) 

9- Melalui sifat suka berangan-angan. Islam agamayang menentang sifat malas. Orang yang berat tulang untuk berusaha untuk mencapai keunggulan dalam hidup akan dipandang hina oleh Allah dan manusia. 

10- Melalui sifat BURUK SANGKA. Seseorang yang suka menuduh orang lain melakukan sesuatu kejahatan tanpa diselidiki terlebih dahulu sangat dicela oleh Islam. Rasulullah SAW bersabda; "Nanti akan ada seseorang yang berkata kepada oarang banyak bahwa mereka sudah rusak. Sesungguhnya orang yang berkata itulah yang sebenarnya rusak dirinya. "(Riwayat Muslim) 

Jadi InsyaAllah, marilah kita sama-sama merenung diri kita jika kita memiliki setiap sifat diatas. Dan InsyaAllah, bersama-samalah kita mengatasi dan mengubah sifat-sifat mazmumah dalam diri kepada sifat-sifat mahmudah ....

thumbnail
Judul: 10 Pintu Bagi Syetan Dalam Diri Manusia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Hikmah dan Renungan :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Al Fikr Publisher FreTempl